POSITIVE THINKING;PRAY;SINCERE

baby gift

Menyambung cerita sebelomnya kalo ternyata di dalam rahim gw menempel suatu gumpalan darah yang disebut “endometriosis”. Menurut Prof. Dr. Med. Ali Baziad, SpOG(K), Guru Besar Obstetri-Ginekologi FKUI-RSCM, endometriosis adalah darah haid yang berada di luar rahim dan keluar melalui saluran telur. ”Karena darah tersebut mengandung jaringan endometrium maka disebut dengan endometriosis. Pengaruhnya penyakit ini untuk kehamilan besar sekali karna menurut mbah googling penyakit ini yang memicu untuk susahnya memiliki keturunan. Tapi di beberapa kasus ada juga seseorang yang mengidap endometriosis banyak, ternyata bisa hamil sementara ada juga yang endometriosisnya sedikit tidak bisa hamil. Jadi bisa dikatakan pengaruh endometriosis pada kehamilan sangat individual. Dan penyembuhan untuk kasus ini hanya dengan laparaskopi.

Finally…dengan menyiapkan mental yang terpaksa dan menugumpulkan dana yang dipaksa2in. Gw mutusin untuk laparaskopi bulan kemaren di Penang. Alasan pertama gw kenapa memilih disono, karna dokter disana lebih kompeten (gw pikir), beliau yang mengenali pertama kali adanya endometriosis di rahim gw hanya dengan sekali konsultasi. Alasan kedua biaya yang jauh lebih murah dan tidak bertele2.
.

Tanggal 4 November: Bandung-KL ; KL-Penang

Penerbangan sekarang ke penang memang agak ribet semenjak air asia menghentikan rute penerbangan Bandung-Penang. Jadi gw milih untuk mampir ke KL dlu, lumayan sekalian jalan2 rileks sebelom gw operasi 🙂

nih…oleh-oleh dari KLnya 😀

  KL    Petronas tower

Tanggal 5 November: H-1 (Konsultasi, USG, test Lab)

Setelah kemaren seharian puas-puas rileks, jalan-jalan, shopping. Ini tujuan terpentingnya ketemu dr. Ng dlu, Dalam rangka persiapan tuk laparoskopi, hrs cek lab n USG dulu. Untuk berobat disini sebelomnya kita harus datang dlu ke RS untuk daftar, kalo mau dapet nomer kecil kudu nyubuh sekitar jam 5.30 dah ada di sono, berhubung kemaren kita baru sampe penang jam 01.00dini hari jadi terasa berat banget buat bangun subuh2 😀 Aa baru datang ke rumah sakit sekitar jam 07.00 untuk daftar dan ternyata gw dapet antrian no 19 di dokter dan itu baru dipanggil untuk konsultasi sekitar pukul 16.30 MANTAPSSSSSSS

uang jaminan   tes lab   IMG-20121105-00363

Tanggal 6 November: My Day (Laparaskopi Time)

Ini hari yang bersejarah buat gw dan aa. Setelah 3thn 9bln perkawinan kami mendambakan buah hati, dan ini salah satu ikhtiar yang terbesar buat gw. Tanpa ditemani keluarga lain (only me&him 🙂 ) maklum jauh di luar negeri :p. Jam setengah sembilan kurang kita berangkat dari apartemen mewah court  dalam keadaan puasa dari jam 01dini hari dengan bawa sedikit cemilan serta pakaian secukupnya. Seperti pesen suster, no bedak dan no lipstick. tampilan apa adanya deh hari ini tapi tenang ajah tetep caem koq 😀

Dengan bismillah, pasrah dan ikhlas. kita urus semua urusan administrasi. Setelah beres semua gw dianter ke ruangan untuk istirahat + nunggu dokter datang. Gw milih kamar yang berdua, alasan gw sih biar ada temennya. maklum di sini utk pasien wanita cuman bisa ditungguin dengan yang sesama jenis. Waloupun ama suami sendiri tetep gk bisa.

 IMG-20121106-00366   IMG-20121106-00365   IMG-20121106-00368   IMG-20121106-00369

Setelah jam 11 mulai gelisah kok dokternya blm dateng jg, baru deh sekitar jam 12 dokternya visit ke ruangan. Akhirnya jam 2siang suster datang ke ruangan dengan kasur dorong, mulai deh degdegan. gw didorong dibawa ke kamar operasi dengan kondisi obat bius yang dah mulai bekerja. Lumayan nunggu lama lagi di dalam sebuah ruangan mpe akhirnya ECG di pasang di bagian dada dan dibawah ketiak. Alat untuk tekanan darah dipasang di lengan kiri. Oximeter (alat untuk ngecek kandungan oksigen di darah) juga dipasang di jari tangan kanan, lupa jari apa 🙂 Habis itu dokter anastesi dateng dan menyapa sebentar bilang kalo kita siap operasi. Baca bismillah dan cuma liat dokter bentar eh dah ga tau apa2.

Sekitar jam 7malam, gw sadar2 sudah ada terbaring di ruang perawatan. Aa langsung nyapa sambil bilang “kistanya ada 2 neng”. Belom sempet ngobrol banyak ama aa karna kondisi badan gw yang masih pusing, aa dah di usir buat pulang 😦

kistenya segede telunjuk(1)ini kista yang diangkatnya

Suster-suster disini bener-bener siaga dan ngebantu banget. Gak lama setelah pengaruh obat biusnya ilang. Gw dikasih susu milo untuk coba diisi pelan2 dan tempat untuk muntah kalo dirasa mual. Setelah muntah memang rasanya perut agak enakan. Seharian itu gw perut gw cuman diisi susu milo secanggir.

Tanggal 7 November: PASCA LAPARASKOPI

Sempet nngeliat kondisi badan gw setelah dioperasi yang penuh dengan betadine dan ada tiga perban di bagian perut: di bawah puser, kiri dan kanan diatas paha. Kondisi gw hari ini baik hanya bekas operasi ajah yang kerasa perih dan sakit. Sekitar jam 11siang dokter visit ke ruangan, ternyata kondisi rahim gw bagus apalagi yang sebelah kanan sangat oke, saluran tuba gw juga lancar dan tidak ada sumbatan. Dr. Ng juga bilang gw+suami bisa coba untuk alami dan tidak ada Bayi Tabung. Tiba-tiba air mata ini gak sempet gw bendung menetes karena bahagianya mendengar kabar baik ini….. Alhamdulillah Ya Rabb… satu jalan sudah terbuka lebar untuk kami berdua. Dokter juga sudah boleh mengizinkan buat gw pulang tapi tetap belom boleh untuk pulang ke Indonesia karena harus kontrol kembali tanggal 10.

IMG-20121107-00370    sebelom pulang makan bubur ikan dlu                                                    IMG-20121108-00373   obat-obatan

Tanggal 10 November: Kontrol Pasca operasi & back to Bandung

Sesuai perjanjian gw harus kembali lagi hari ini untuk konsultasi. Kondisi gw semua oke, plester untuk menutupi bekas operasipun masih oke jadi gak perlu diganti. Dokter Ng hanya bilang untuk gw+suami berusaha dan mencoba kehamilan alami dlu selama 6bln ini. Jika sampai sekitat bln Juni 2013 gw blm juga hamil maka gw dianjurkan untuk menghubungi kembali. BERDOA ….. semoga Allah memberikan mukjizatnya di 6bln ini.. Amin

*perincian biaya operasi* :

1. Biaya Laparaskopi (included: kamar,obat2an,tes lab, konsultasi terakhir ke dokter): sekitar 15.000.000 (ini gw buletin ajah pdahal sih masih kembalian juga)
2. Sewa kamar Mewah: sekitar 900.000 (included antar jemput ke airport, anter ke RS juga dan sempet anter2 ke mall)
3. Tiket Pesawat PP: sekitar 5.000.000
 
Kelebihan pengobatan disini yang tidak bertele-tele dan tidak terlalu money oriented. karna selepas dari operasi gw gak dikasih sepeserpun obat2an dan tidak dianjurkan untuk kontrol kembali.

3 thoughts on “POSITIVE THINKING;PRAY;SINCERE

Leave a comment